jaringan pc

poe POE atau Power Over Ethernet digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke perangkat seperti Wifi Access Point yang Outdoor. Biasanya sebuah AP sudah dilengkapi dengan POE khusus dari pembuatnya. Tetapi jika kita memodifikasi AP Indoor diletakkan di Outdoor, tentu saja AP Indoor tidak dilengkapi dengan POE. Bisa anda bayangkan bagaimana membuat kabel listrik yang ditarik sampai keatas tower. Belum lagi resiko yang ditimbulkan oleh listrik.
Bagaimana Prinsip Kerja POE ?
Jika dilihat dari gambar diatas, POE yang sebenarnya adalah seperti yang ditunjukan oleh gambar 1. Sedangkan yang kedua adalah POE yang akan kita buat nantinya.
(lagi…)

Default Password List (WAP, Router, Firewall, Dll) Desember 15, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: ,
add a comment
Pernahkah anda melakukan reset ulang pada perangkat WAP, Router, Wifi Router, dll yang masih menggunakan password standardnya dikarenakan lupa password ? Jika pernah, mulai skarang STOP untuk melakukan hal ini. Berikut adalah daftar yang dapat menjadi referensi anda untuk mengetahui default password dari semua produsen untuk perangkat seperti WAP, Router, WiFi Router, Printer Server, Firewall, dll. Referensi ini sangat berguna untuk sistem administrator.
defpassw

Mengenal Straight-Through Cable Oktober 29, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: , , ,
add a comment
Straight-Through kabel merupakan jenis kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan hub ataupun switch, atau dalam arti kata menghubungan perangkat jaringan yang berbeda, seperti :
  • Switch to router
  • Switch to PC atau server
  • Hub to PC atau server
Contoh Implementasi menggunakan Kabel Straight
straight-net
(lagi…)

Membuat Sendiri Kabel Jaringan (UTP & RJ-45) Oktober 28, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: , , , , ,
1 comment so far
cat5 Bagi seorang teknisi jaringan, membuat kabel jaringan dengan menggunakan kabel UTP merupakan suatu hal yang wajib dikuasai. Apalagi kalo anda seorang Administrator Jaringan (Network Administrator). Pada zaman sekarang, jaringan bukan lagi hal yang tabu. Penggunaan kabel jaringan sudah sangat luas sekali, misalnya di Labor Sekolah, Warnet, Kantoran, bahkan juga dirumah pribadi.
Kenapa kita masih perlu mempelajari cara membuat kabel jaringan ini? Padahal teknologi nirkabel sudah nge-trend dikalangan masyarakat kita. Suatu hal itu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teknologi nirkabel memiliki kemampuan terbatas dalam melakukan maksimum transfer, yaitu sekitar 54 Mbps. Sedangkan menggunakan kabel sekitar 100 Mbps. Nah tentu saja menggunakan kabel jauh lebih cepat daripada nirkabel.
(lagi…)

SoftPerfect Network Scanner – Scaner Jaringan yang Canggih Oktober 25, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: , , , ,
1 comment so far
netscanner-prev SoftPerfect Network Scanner adalah aplikasi yang gratis untuk menscan multi IP, NetBIOS dan SNMP dengan antarmuka yang modern dan beberapa fitur canggih. Aplikasi ini sangat cocok buat administrator jaringan dan user yang tertarik pada keamanan komputer. Program ini dapat melakukan ping ke komputer lain, scan TCP port dan menampilkan sumberdaya jaringan yang di share (termasuk file system dan yang disembunyikan).
softperfect-network
(lagi…)

Apa itu RJ ? Oktober 21, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: , ,
add a comment
rj-connector Bagi yang telah mengenal jaringan, sudah tentu tahu apa yang dimaksud dengan RJ. Sebenarnya RJ itu apa? RJ singkatan dari Register Jack adalah standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking).
RJ pertama kali diperkenalkan oleh Bell Sistem pada 1970-an. Adapun standard yang ada diantaranya RJ11, RJ14, RJ21, RJ25, RJ45, RJ48 dll. RJ memiliki banyak type, tetapi yang sering digunakan adalah RJ11 dan RJ45.
RJ-45 merupakan konektor yang standar buat jaringan lokal (LAN). Untuk bisa menggunakan menggunakan jenis ini, kita harus mempelajari susunan urutan warna yang benar sesuai dengan standard T568A dan T568B. Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gak boleh asal pasang aja.
(lagi…)

Berbagai Macam Serangan Terhadap Jaringan Komputer Oktober 19, 2008

Posted by okihelfiska in PC Jaringan.
Tags: , , , ,
add a comment
Berbagai macam serangan terhadap Jaringan Komputer, sbb
(1) LAND Attack
LAND attack merupakan salah satu macam serangan terhadap suatu server/komputer yang terhubung dalam suatu jaringan yang bertujuan untuk menghentikan layanan yang diberikan oleh server tersebut sehingga terjadi gangguan terhadap layanan atau jaringan komputer tersebut. Tipe serangan semacam ini disebut sebagai Denial of Service (DoS) attack. LAND attack dikategorikan sebagai serangan SYN (SYN attack) karena menggunakan packet SYN (synchronization) pada waktu melakukan 3-way handshake untuk membentuk suatu hubungan berbasis TCP/IP. Dalam 3-way handshake untuk membentuk hubungan TCP/IP antara client dengan server, yang terjadi adalah sebagai berikut :
  • Pertama, client mengirimkan sebuah paket SYN ke server/host untuk membentuk hubungan TCP/IP antara client dan host.
  • Kedua, host menjawab dengan mengirimkan sebuah paket SYN/ACK (Synchronization/Acknowledgement) kembali ke client.
  • Akhirnya, client menjawab dengan mengirimkan sebuah paket ACK (Acknowledgement) kembali ke host. Dengan demikian, hubungan TCP/IP antara client dan host terbentuk dan transfer data bisa dimulai.
(lagi…)

0 Response to "jaringan pc"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme